Selasa, 29 September 2015

Sukses Bikin Acara Wedding Sendiri Tanpa EO


Gud Nite Readers..
Berhubung sy tdk bisa tidur, sy mau share sedikit ttg pengalaman sukses sy menyelenggarakan wedding tanpa EO.

Setelah proses akad nikah

Ternyata tidak terlalu susah kok kalau mau ngurus sendiri. Dan pastinya labih murah dr harga EO. Modalnya kudu siap lahir batin, hehehe.. lahir maksudnya siapkan kesehatan, tenaga dan uang tentunya. Batin maksudnya siapkan ketenangan, kesabaran dan kegigihan.

Ready to organize your own wedding ? Lets do it..

1. Siapkan konsep wedding yg diinginkan

Langkah awal tentukan dulu tema dan konsep yg diinginkan. Dr konsep inilah yg nantinya menentukan fokus kita dalam menyiapkan acara.

Tema wedding yg sy pilih untuk wedding sy yaitu shabby chic. Alasannya simpel, krn menurut sy tema tsb romantis untuk acara wedding.

Kemudian tentukan apakah mau di rumah atau di gedung atau restaurant dg konsep prasmanan atau open table. Dari sinilah nantinya qt bisa menghitung kebutuhan budgetnya.


Tema Shabby Chic di Wedding Reception

 2. Hitung budget yg dimiliki

Hitung uang yg disediakan untuk acara pernikahan. Selalu kompromikan dg pasangan terkait masalah finansial. Disini kalian bisa belajar manage keuangan bersama sebelum menikah.

Saran sy, jangan memaksakan untuk bikin acara yg biayaya diatas kecukupan uang kita. Jangan menggantukan pada angpao untuk menutup hutang atas penyelenggaraan acara wedding. Dan jgn juga megambil pengambil pinjaman dlm jumlah besar untuk modal resepsi. Ingat bro, perjalanan masih panjang. Hidup baru dimulai setelah kalian menikah.

3. Cari perias yg menawarkan paket pernikahan diluar katering

Saran sy, untuk pemesanan katering lakukan sendiri. Jangan ikut dlm paket wedding oleh perias. Dlm beberapa prakteknya, jumlah menu yg disajikan tdk sesuai dg pemesanan. Misal : pesan di perias 1000 pax, perias pesan di katering 900 pax, katering mengeluarkan 850 pax.

Sebelum memutuskan memakai jasa perias tsb, lihat dan pastikan dulu hasil riil make up yg sdh perna dilakukan dan koleksi bajunya. Pastikan bahwa kalian mendapatkan feel yg baik dan yakin jk perias tsb hasilnya akan bagus. Jk diawal terasa ragu, biasanya hasil akhirnya pasti ada yg dirasa kurang memuaskan.

Agar tdk ribet, cari perias yg menawarkan dekorasi dan pengisi acara di dlm paketnya. Selain lebih murah, kalian tdk perlu koordinasi dg terlalu bnyk vendor.
Include di Paket : Rias Akad Nikah

Include di paket : Rias Temu Manten

Include di Paket : Rias Resepsi

4. Pastikan tempat acara wedding available

Segera cari dan booking tempat yg akan digunakan. Sebelum memilih, pertimbangkan jumlah tamu yg diundang.dg kapasitas gedung, charge yg dikenakan untuk dekor dan katering, fasilitas yg diberikan, lama waktu penggunaan, kecukupan tempat parkir, kemudahan akses menuju tempat tsb, keamanannya dan kondisi tempatnya kondusif atau tidak.

Jika memutuskan memakai restaurant, tanyakan menunya, test food dan bonus2 apa yg diberikan.

5. Jelaskan detail konsep wedding yg diinginkan ke perias dan tukang dekorasi

Minta kontak tukang dekor ke perias. Pastikan kamu menjelaskan tema, konsep dan detail dekorasi yg diinginkan. Pastikan bahwa mereka mengerti dan bisa atau tidak menyediakan sesuai yg diminta.

Koordinasilah beberapa kali dg perias dan tukang dekor meremind apa yg kalian minta. Mintalah ketemu dg tukang dekor dan perias untuk melihat bersama area tempat acara. Diskusikan layout yg diinginkan on the spot di tempat acara untuk memastikan dekorasi sesuai keinginan.

dekorasi shabby chic dg kuade bertema marocco

desain pintu masuk gedung

bunga jalan

6. Booking Katering

Cari dan booking katering. Mintalah testfood sebelum memutuskan ya dg katerig tsb. Pastikan apakah rasa masakannya cocok dg seleramu atau tidak. Pilih menu masakan yg disukai oleh para tamu undangan. Ingat yaa.. makanan yg dipesan nantinya akan disuguhkan ke tamu, jd jangan egois memilih menu yg kita suka tp jarang disukai orang, bisa mubazir.

Pastikan jg kelengkapan alat dan dekorasi stand makanan. Apakah mrk bisa menyediakan dekorasi sesuai warna tema dan konsep yg sdh ditentukan. Jk mrk tidak pny stock warna yg sama tp kamu tetap ingin pakai katering itu, mintalah alternatif warna yg cocok atau hatmonis dg tema warna dekorasi pelaminannya.

dekorasi katering menyesuaikan dekorasi acara
Jika prasmanan, maka pesanlah makanan 2x lipat dr jumlah undangan. Dan jk memungkinkan, mintalah menu joglo gratis atau tambah menu joglo sbg menu pendamping agar stock makanan yg disajikan tdk kurang. Misal : undangan 500 org, maka pesan makanannya 1000 pax + 250 menu porsi joglo

7. Buat Undangan & Souvenir

Setelah tanggal, lokasi dan konsep sudah fix. Saatnya membuat undangan. Pilih undangan dengan desain sesuai tema / konsep acara wedding. Undangan merupakan salah satu faktor penting (diluar relationship kita dengan orang yg kita undang) agar orang mau datang ke acara kita. Pilih undangan sesuai budget namun tetap bisa mewakili karakter acaramu. Biasanya, para tamu akan menyesuaikan pakaian dan gaya dandan sesuai undangan yg diterima.

Selain itu jangan lupa menyiapkan souvenir jauh - jauh hari agar harga souvenir bisa lebih murah. Biasanya penjual akan mematok harga lebih jika pembuatan dilakukan dalam waktu singkat. Jika mau lebih custom, bisa membuat souvenirnya sendiri.

Saya pribadi membuat undangan & merangkai souvenirnya sendiri sehingga biaya bisa lebih murah.

Souvenir yg dirangkai sendiri
Tampak depan undangan
Tampak Dalam Undangan
 Jika kamu bingung tentang desain dan pembuatan undangan, kamu bisa hubungi saya di 085331107382 untuk pembuatan undangan atau konsultasi desain undangan yg cocok. hehehe.. promosi dikit lah..


8. Susun daftar panitia acara wedding

Bukannya sok profesional, tapi tanpa daftar panitia, kita akan kebingungan untuk koordinasi dan membagi tugas / tanggung jawab. Jika kita mempunyai daftar tsb, kumpulkan orang2 tsb atau bisa juga koordinasi secara personal tentang tugas2 apa saja yang perlu mereka lakukan. Jangan malu atau "sungkan" untuk berkoordinasi demi kelancaran acara. Tapi, sebelumnya minta ijin dulu yaa apakah mereka mau atau tidak dijadikan panitia. Setelah acara selesai, berikan gift atau sesuatu sebagai rasa terima kasih atas bantuan mereka. Pastikan lagi mereka ready dan paham tugas2nya paling lambat H-3 agar masih punya waktu untuk mengatasi problem2 yg timbul selama konfirmasi dan koordinasi.

9. Lakukan Test Make Up

Sebelum acara pernikahan, minta perias test make up untuk memastikan hasil riasan sesuai harapan atau tidak. Konsultasikan kesan2 yg ingin ditimbulkan dari hasil make up kepada perias.

Fitting Baju


10. Manjakan dirimu

Setelah berusaha kesana - kemari, saatnya manjakan tubuhmu. Luangkan waktu minimal sehari dalam rentang waktu H-7 untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Caranya macam - macam, bisa ambil paket perawatan pra-nikah di salon atau merawat diri sendiri di rumah dengan bantuan orang rumah. Saran saya sih, minimal lakukan perawatan ini : Masker Rambut / Hair Spa, Facial, Spa / Lulur, Ratus.

Pakai Henna
 Dengan melakukan perawatan, tubuh akan kembali segar dan pikiran lebih tenang efek dari pijatan - pijatan lembut di tubuh. Aura shining juga biasanya akan ikut muncul setelah perawatan. Akan lebih baik juga jika perawatan dilakukan H-3 dengan mengambil cuti kerja untuk beristirahat di rumah agar hasil aura segar lebih maksimal.

11. Banyak berdoa dan mendekatkan diri dengan Tuhan

Faktor ini menjadi kunci keberhasilan acara. Hanya Tuhan / Allah yang menjadikan segalanya mungkin. Oleh karena itu, perbanyak berdoa agar acara bisa lancar dan dijauhkan serta diselamatkan dari marabahaya dan hal - hal buruk.

Bagi muslim, akan lebih baik jika pada saat persiapan mulai 3 bulan sebelum acara, kedua mempelai melakukan puasa - puasa sunnah (khususnya puasa senin kamis) dan meningkatkan ibadah sholat wajib dan sholat sunnah (khususnya tahajud). Jika memungkinkan, lakukan puasa sunnah 7 hari berturut - turut (H-7) agar tidak ada balak yg datang.

Perbanyak ibadah juga akan menjauhkan kita dari amarah sehingga hubungan dengan pasangan akan terjaga. Ga mau kan, putus atau tengkar dengan pasangan gara2 menyiapkan pernikahan yang selalu bersitegang. Hal ini terbukti oleh saya dan pasangan loh..

Nah.. yang terkahir ini optional sih.. Dilakukan atau tidak, tidak akan mengurangi kesakralan upacara pernikahan.

12. Foto Pre Wedding

Foto pre wedding merupakan pelengkap acara pernikahan. Biasanya mempelai ingin menampilkan kemesraan dengan pasangan melalui foto pre-wedding yang dipajang di pintu masuk tempat acara dan jalan menuju ke kuade pernikahan.

Jika memilih melakukan foto pre-wedding, sesuaikan dengan budget kita. Karena, menurut saya, lebih baik kelebihan anggaran dialokasikan untuk saving (tabungan) setelah pernikahan atau cadangan biaya tak terduga yang terjadi pada saat hari H.

Pilih konsep foto yang sesuai dengan karakter pasangan serta sesuai dengan tema acara wedding. Untuk mensiasati budget, manfaatkan teman sendiri yang jago fotografi untuk mengambil gambar dan editing. Kemudian cetak foto sendiri.

Tips dari saya agar biaya foto pre-wed lebih murah. Cetak foto di percetakan digital, minta cetak Luster. Dulu sih saya cetak harga Rp 100rb / m2. Di cetak tsb bisa diisi beberapa foto sehingga lebih murah. Jika cetak di counter foto, cetak ukuran A3 bisa kena 150rb. Ukuran 12R di kisaran 30rb - 50rb. Jauh lebih murah kan.. Untuk frame, kita bisa membuat sendiri dari kayu list seharga Rp 15rb-20rb per lonjor. Itu bisa dibuat jadi beberapa pigora foto. Tak perlu kaca karena cetak luster tahan air. Hasil akhirnya seperti pigora lukisan / cetak kanvas. Lebih artistik kan.. Tak perlu cat juga karena tertutupi oleh foto.

Pre Wedding Indoor

Pre Wedding Indoor


Jika kamu bingung tentang foto pre wedding, kamu bisa hubungi saya di 085331107382 untuk jasa foto pre wedding indoor maupun outdoor area Surabaya. hehehe.. promosi dikit lah..

Nah.. selamat mencoba.. Semoga acaranya lancar, meriah dan khidmat.

Barakallahu Laka Wa Baraka 'Alaik, Wa Jama'a Bainakuma Fi Khair.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar